Minum Kopi Hitam Tanpa Gula Tiap Hari, Ini Manfaat Dan Efek Sampingnya

Minum Kopi Hitam Tanpa Gula Tiap Hari, Ini Manfaat Dan Efek Sampingnya

Kopi memang seakan sudah menjadi salah satu minuman yang paling familiar dalam keseharian manusia. Konsumsi secangkir kopi di pagi hari sebelum berangkat beraktifitas menjadi salah satu kebiasaan yang paling banyak dilakukan orang baik di perkotaan hingga pedesaan. Berbagai varian minuman kopi pun bermunculan seiring dengan kreasi manusia. Namun tahukah Anda bahwa banyak orang percaya bahwa kopi lebih baik diminum tanpa tambahan apapun?

Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula Secara Teratur

Minum Kopi Hitam Tanpa Gula Tiap Hari, Ini Manfaat Dan Efek Sampingnya

Ya bagi sebagian orang, kopi yang fresh atau baru digiling sesaat sebelum diseduh merupakan minuman kopi terbaik. Bukan sekedar citarasanya yang lebih otentik, minuman ini disebut-sebut menawarkan berbagai khasiat kesehatan tersendiri. Inilah alasannya mengapa orang gemar mengonsumsi kopi hitam yang pahit rasanya. Bagaimana tidak, kopi segar dari penggilingan diseduh tanpa menambahkan komposisi lain ke dalamnya memang hanya meninggalkan rasa pahit. 

Meskipun diklaim menawarkan manfaat, ahli menyarankan agar konsumsi kopi hitam ini tak lebih dari 2 cangkir saja tiap harinya. Para penikmat kopi hitam bisa memilih waktu misalnya sekali saat pagi usai sarapan, dan sekali lagi pada malam harinya. Dengan konsumsi yang tidak berlebihan, berikut ini beberapa  manfaat yang bisa didapat dari meminum kopi hitam tanpa gula: 

Membantu Menjaga Daya Ingat

Kopi yang dipercaya dapat membuat seseorang terus terjaga memang memiliki efek terhadap jantung yang kemudian memastikan aliran darah mengalir ke tubuh secara optimal, tak terkecuali ke otak. Dengan demikian, otak yang mendapat pasokan energi dan nutrisi yang dimuat oleh darah menjadi senantiasa sehat dan aktif. Inilah yang kemudian membuat kopi efektif membantu menjaga daya ingat, menjaga saraf agar tetap aktif bahkan mencegah demensia.

Membantu Fungsi Kognitif

Selain mampu membantu menjaga daya ingat, kafein yang terkandung dalam kopi juga merupakan stimulan psikoaktif yang dapat bereaksi pada tubuh sehingga mampu menjaga suasana hati tetap kondusif. Selain itu, kondisi seperti ini juga dapat membantu menjaga fungsi kognitif seseorang.

Membantu Menjaga Mood

Kandungan kafein ternyata juga dapat meningkatkan kadar dopamin di dalam tubuh. Dopamin yang diklaim memiliki efek lebih kuat dibanding narkoba ini juga bertanggungjawab atas suasana hati seseorang. Dengan terapi yang tepat, kopi hitam bisa menjadi penunjang pengobatan depresi.

Membantu Mencegah Penyakit Jantung

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, minum kopi hitam tanpa tambahan gula dapat memberikan manfaat tersendiri bagi organ jantung. Selain itu, kopi juga mampu menekan tingkat peradangan yang terjadi di dalam tubuh yang membuatnya efektif dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Membantu Menjaga Kesehatan Saluran Cerna

Kopi ternyata juga tergolong sebagai minuman diuretik dimana saat seseorang meminum kopi hitam tanpa tambahan gula, maka racun dan bakteri yang ada di saluran cerna akan ikut terbawa dan akhirnya dibuang bersama feses.

Membantu Mengendalikan Berat Badan

Bagaimana bisa minuman tanpa gula ini membantu seseorang dalam mengendalikan berat badannya?  Selain disebut dapat membantu seseorang untuk membakar lemak perut, kopi hitam tanpa gula juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh hingga 50 persen. Dengan demikian, olahraga yang dilakukan secara rutin dan konsisten dapat mencapai manfaatnya yang optimal terhadap tubuh.

Membantu Menekan Risiko Diabetes

Jika Anda tidak menambahkan gula ke dalam kopi hitam favorit, maka kebiasaan ini dapat membantu menekan risiko penyakit Diabetes tipe 2. Kopi hitam pahit ternyata juga bisa menjadi minuman yang efektif untuk mengendalikan kadar insulin di dalam tubuh.

Efek Antioksidan

Dalam secangkir kopi tanpa gula, terkandung vitamin B2, B3, B5, zat mangan, magnesium serta potasium. Kombinasi dari beberapa kandungan yang ada di dalamnya membuat kopi hitam diyakini menawarkan efek antioksidan.

Membantu Pencegahan Kanker

Dengan konsumsi yang tepat, seseorang juga bisa membantu imun tubuh dalam memerangi kanker. Selain karena efek antioksidan yang ditawarkannya, kopi hitam juga dipercaya mengandung sifat anti-kanker yang dapat membantu mengendalikan risiko kanker kolorektal serta mampu menekan risiko kanker hati sampai 40%.

Perlu diingat bahwa manfaat di atas hanya bisa didapat dari konsumsi yang teratur dan tidak berlebihan. Hal ini karena minum kopi hitam tanpa gula secara berlebihan juga bisa berujung pada efek samping yang tidak dikehendaki. Terlalu banyak minum kopi hitam bisa mendatangkan masalah seperti 

  • Mengganggu pola tidur
  • Memperparah kondisi gangguan kecemasan 
  • Kafein dapat berinteraksi dengan kandungan obat yang kemudian dapat mengganggu proses pengobatan yang sedang dijalani seseorang
  • Pada beberapa orang, konsumsi kopi hitam dengan tambahan gula dapat memicu masalah pada penderita Diabetes tipe 2. Selain itu, kopi hitam manis juga dapat meningkatkan tekanan darah.
  • Kafein juga disebut berpengaruh pada pelemahan tulang belakang, utamanya pada wanita pasca menopause.  
  • Kopi dapat memicu asam lambung yang kemudian berujung pada masalah pencernaan bagi sebagian orang.
  • Kopi juga memiliki kandungan cafestol dan kahweol yang dapat meningkatkan kadar kolesterol sehingga perlu diperhatikan oleh orang yang memiliki keluhan kolesterol tinggi.  

Demikianlah beberapa manfaat yang bisa didapat dari konsumsi kopi hitam segar tanpa tambahan gula secara terukur. Konsumsi secara berlebihan, apapun itu dapat mengundang masalah dan begitu pula dengan minuman kopi. Untuk informasi lainnya dengan hal yang sangat unik dan menarik bisa langsung anda kunjungi website data sgp, dengan berbagai informasi yang inovatif yang mampu memberikan suatu berita yang aktual dan terpercaya.