Bermacam-Macam Coffee Latte Dan Penikmatnya

Bermacam-Macam Coffee Latte Dan Penikmatnya

                Setiap harinya penikmat kopi dimanjakan dengan berbagai jenis kopi yang tersedia dengan mudah melalui smartphone. Diantara sekian jenis kopi yang ada, kopi yang manis menjadi pilihan pertama masyarakat Indonesia yang senang minum kopi namun tidak suka dengan rasa pahit kopi, jenis kopi tersebut adalah coffee latte atau kopi latte.

                Kopi latte pertama kali dikenal di Amerika Utara, kemudian terus berkembang ke seluruh dunia. Kopi latte sendiri merupakan espresso yang dicampur dengan susu, kemudian membentuk lapisan busa diatasnya. Jumlah susu yang digunakan lebih banyak daripada kopinya. Dengan busa di bagian atas kopi latte, membuatnya terlihat seperti cappuccino, namun sebenarnya bukan. Memang benar cappuccino ditemukan oleh orang Italia, begitu juga dengan latte. Jadi tidak heran apabila ada kemiripan antara latte dan cappuccino.

                Untuk menarik pelanggan muda, kopi latte disajikan dengan banyak motif dan dengan berbagai gaya. Sejak tahun 1988, seni penyajian latte sudah terkenal di Amerika, yang mengenalkannya adalah David Schomer. Ia membuat berbagai motif di atas busa latte yang ia sajikan. Berkat tangan jenius David Schomer, akhirnya latte art mulai mendunia dan menjadi terkenal seperti sekarang.

Tipe-Tipe Penikmat Coffee Latte

Bermacam-Macam Coffee Latte Dan Penikmatnya

                Selain latte art, tipe-tipe penikmat kopi latte pun juga berkembang. Setidaknya ada 3 tipe penikmat coffee latte yang ada. Anda masuk ke dalam tipe penikmat latte yang mana?

  • Menikmati keindahan

Tipe penikmat latte yang satu ini menyukai keindahan dari penyajian seni latte. Ciri-ciri tipe ini adalah mereka akan menyeruput kopi dengan sangat berhati-hati agar latte art tidak rusak. Mereka melakukan hal ini tidak hanya pada kopi latte, namun juga pada kopi cappuccino. Tak jarang penikmat keindahan latte art akan mengabadikan keindahan seni tersebut dan mengunggahnya ke media sosial sebelum menikmati kopi lattenya.

  • Penghancur seni

Tipe ini tidak peduli dengan latte art yang sudah dibuat di atas busa latte. Karena tipe ini lebih menikmati rasa dari kopi latte daripada latte artnya. Karenanya sebagus apapun, seindah apapun, sesulit apapun latte art tersebut, mereka lebih terkesan dengan rasa daripada artnya.

  • Art freak

Kebalikan dari tipe sebelumnya, mereka tidak peduli dengan rasa dari sebuah kopi latte, hanya satu yang mereka perhatikan dan tak lain adalah latte artnya! Walaupun rasa kopinya kurang enak, selama latte artnya indah dan lucu, mereka tidak akan segan-segan merogoh kocek lebih dalam agar bisa mempostingnya di media sosial. Berbeda dengan tipe yang menikmati keindahan, walaupun mereka tipe yang juga menyukai latte art, namun mereka masih menikmati rasa kopinya. Berbeda dengan art freak yang tidak begitu peduli dengan kopinya.

Macam-Macam Kopi Latte Terpopuler

                Tidak hanya penikmat kopi latte saja yang ada jenisnya, namun kopi latte pun juga memiliki banyak jenis. Nah, berikut akan diulas beberapa jenis kopi latte yang ada di seluruh dunia.

  • Caffe Latte

Dibuat dengan menggabungkan 1/3 espresso, 2/3 susu panas dan busa setinggi 1 cm. Cara menuangkan busanya tidak bisa sembarangan, apalagi jika ingin membuat latte art. Biasanya susu akan dipanaskan dengan uap sehingga terdapat froth di bagian atasnya. Untuk menikmati kopi latte, sebenarnya tidak perlu pergi ke kedai kopi karena anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah dirumah yang penting anda memiliki alat pembuat kopi.

  • Flat White

Karena jenis latte yang satu ini berbeda dengan kebanyakan latte yang ada, flat white seringkali tidak disebut sebagai latte. Ada pula yang mengatakan bahwa flat white adalah kombinasi antara cappuccino dan latte. Rasanya tidak selembut kopi latte, namun aromanya juga tidak sekuat kopi cappuccino.

  • Piccolo Latte

Rasa latte yang satu ini sungguh unik namun berhasil menyeimbangkan rasa asam dari biji kopi dengan rasa manis dari susu. Walaupun manis, aroma piccolo latte pekat seperti kopi hitam. Uniknya lagi, kopi latte yang satu ini tidak memerlukan pengadukan dengan sendok.

  • Mocha Latte

Yang membedakan mocha latte dengan latte original adalah mocha latte mendapatkan tambahan coklat. Rasa manis dari coklat membuat minuman ini cukup digemari banyak orang. Untuk membuat mocha latte tidaklah sulit, yang perlu anda siapkan adalah 2 gelas susu tawar, ¾ gelas kopi Perancis dan juga 2 sendok coklat. Pertama-tema menyeduh kopi dengan air panas, kemudian masukkan ke dalam blender dan haluskan hingga berbusa. Kemudian panaskan susu serta cokelat dalam wajan sampai mendidih sambil diaduk. Setelah itu campurkan semuanya dan jadilah mocha latte.

  • Caramel Latte

Caramel latte merupakan campuran dari susu rasa karamel dengan espresso. Perpaduan keduanya menghasilkan kopi dengan rasa dan buih yang lembut. Jenis latte ini sangat cocok untuk anda yang suka dengan kopi manis namun dengan rasa yang berbeda dari biasanya.