Kopi Robusta Asli Indonesia, Tidak Kalah Dengan Kopi Arabika

Kopi Robusta Asli Indonesia, Tidak Kalah Dengan Kopi Arabika

                Bagi penikmat kopi, pastinya sudah tidak asing dengan yang namanya kopi robusta. Jenis kopi yang satu ini merupakan kopi yang memiliki banyak penggemar, tidak hanya di Indonesia namun juga di luar negeri. Indonesia sebagai negara yang terkenal dengan hasil kopinya memiliki berbagai macam pilihan kopi jenis robusta. Nah dalam artikel ini akan dijelaskan serba-serbi kopi jenis robusta, dan juga akan membahas tentang kopi-kopi jenis robusta yang ada di Indonesia. Karena tidak banyak penikmat kopi yang memiliki nama ilmiah berupa Coffea canephora, maka artikel ini akan menjelaskan dan membahasnya dengan lebih dalam.

Kopi Robusta Fun Facts!

Kopi Robusta Asli Indonesia, Tidak Kalah Dengan Kopi Arabika
A cup of hot latte art or cappuccino coffee on old wooden table with brownie cake on foil

                Kopi jenis robusta aslinya dari Afrika barat dan banyak tumbuh di daerah dengan dataran rendah dengan suhu yang tinggi. Setidaknya kopi jenis ini telah menyumbang 30% dari total produksi kopi yang ada di dunia, dan Vietnam menjadi negara pengekspor paling besar. Tanaman kopi jenis ini lebih mudah dirawat dan memberikan hasil panen yang lebih banyak apabila dibandingkan dengan kopi arabika.

Kata robusta sebenarnya berasal dari “robust”, sesuai dengan tanaman kopi jenis robusta yang memiliki ketahanan tinggi dari hama dan juga penyakit. Ketahanannya ini berasal dari kandungan kafein dan juga asam klorogenik yang tinggi dan berfungsi sebagai pestisida alami. Karena tidak membutuhkan perawatan yang rumit, harga kopi jenis robusta lebih mudah dibandingkan dengan kopi lainnya seperti kopi arabika. Namun karena kandungan kafein yang tinggi, kopi ini memiliki rasa kopi yang pahit.

                Kopi arabika sebagai kopi nomer satu yang menjadi pilihan para pecinta kopi, sebenarnya kalah dari kopi robusta di mata penikmat kopi penyuka kafein tinggi. Mengapa? Karena kopi jenis robusta memiliki kadar kafein yang lebih tinggi daripada kopi arabika. Kadar gulanya pun lebih rendah daripada kopi arabika. Walaupun begitu, kopi jenis robusta memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah.

                Banyak penikmat kopi yang menganggap remeh kopi jenis robusta karena seringkali dikaitkan dengan berbagai macam kopi bubuk instan. Padahal kopi ini juga bisa dinikmati seperti kopi arabika yang diseduh dengan berbagai metode penyeduhan kopi. Apalagi kopi ini memiliki grade yang berbeda-beda. Jadi kalau ternyata anda mendapatkan kopi jenis robusta dengan rasa yang kurang enak, kemungkinan karena anda menggunakan kopi dengan grade yang rendah.

3 Kopi Jenis Robusta Asli Indonesia Yang Mendunia

                Karena rasanya yang pahit, tak jarang kopi robusta dicampur dengan kopi racikan lainnya untuk menaikkan cita rasa kopi. Tak hanya itu saja, bahkan kopi ini juga sering digunakan untuk membuat latte, macchiato, cappuccino dan kopi lainnya yang berbasis susu. Di Indonesia sendiri kopi jenis robusta menjadi satu diantara sekian jenis kopi yang digemari. Bahkan Indonesia menjadi salah satu negara penghasil kopi jenis robusta terbesar karena memang sebagian besar perkebunan kopi yang ada ditanami kopi jenis ini. Jadi tidak heran juga apabila di beberapa daerah Indonesia memiliki kopi jenis robusta yang berbeda-beda, setiap daerah memiliki ciri khasnya tersendiri dalam menghasilkan kopi ini. Berikut ini adalah beberapa kopi jenis robusta dari beberapa daerah di Indonesia.

  • Kopi Lampung

Kopi yang berasal dari Lampung terkenal dengan rasanya yang enak, apalagi kopi jenis robusta yang terkenal sebagai kopi jenis robusta terbaik di Indonesia. Tanaman robusta di tanam di daerah dengan ketinggian 600 mdpl. Dengan letak geografis dan kondisi tanah yang subur, tanaman robusta di Lampung memiliki rasa yang berbeda dengan kopi jenis robusta dari daerah lain. Kalau kebetulan mampir ke Lampung, jangan lupa membawa oleh-oleh kopi jenis robusta Lampung.

  • Robusta Dampit Malang

Kalau anda suka mencoba kopi dengan rasa yang unik, maka anda tidak boleh melewatkan jenis kopi satu ini. Kopi ini memiliki rasa yang spesial karena ditanam di lahan dengan ketinggian di atas 80 mdpl. Tidak hanya orang Indonesia saja yang senang dengan rasa unik Robusta Dampit Malang, namun orang-orang dari luar negeri juga sangat menyukainya. Tidak heran apabila 90% hasil budidaya kopi ini diekspor ke luar negeri.

  • Robusta Bali Tabanan

Rasa jenis kopi yang satu ini juga unik, apalagi aromanya yang seperti cokelat. Beberapa tahun belakangan ini cita rasa kopi dari Bali terus dikembangkan karena kopi arabika asal Indonesia terus mendunia. Dibandingkan dengan kopi jenis robusta lainnya, kopi yang satu ini tidak terlalu pahit karena dibudidayakan di daerah dengan ketinggian antara 400 hingga 700 mdpl dengan cuaca yang sejuk. Yang menjadi ciri khas dari proses budidaya ini adalah ketika biji kopi sudah dipanen, maka biji kopi hijau akan dijemur dibawah terik matahari. Aroma wangi biji kopi akan tercium hingga beberapa meter, aromanya seperti biji kopi yang dipanggang.