Nikmati Kopi Jahe Dan Merasakan Manfaatnya

Nikmati Kopi Jahe Dan Merasakan Manfaatnya

                Jahe adalah tanaman yang menjadi salah satu bumbu penyedap rasa bagi makanan dan juga minuman. Masyarakat Indonesia sudah mengenal jahe dengan baik. Ternyata jahe tidak hanya bisa digunakan sebagai minuman penghangat saja, akan tetapi juga dapat dikombinasikan dengan kopi. Dan praktek mengkombinasikan kopi serta jahe sudah terjadi sejak lama, tepatnya sejak abad ke-15. Kopi ende, merupakan kopi jahe tertua yang diketahui di Indonesia. Kopi ini pertama kali dikenal di abad ke-17 sejak kopi ditanam di kepulauan Flores.

                Di abad ke-21 seperti sekarang, kombinasi kopi dan jahe bukanlah hal yang asing lagi. Anda bisa menemukan jenis kopi ini dengan mudah di warung maupun minimarket dalam bentuk kopi instan. Ada banyak sekali jenis kombinasi kopi dan jahe yang berbeda di pasaran. Namun selain dibuat dalam bentuk kopi instan, ternyata beberapa warung makan juga menyediakan kopi jenis ini secara manual, alias jahenya dibuat sendiri untuk kemudian dicampur dengan kopi. Tidak sedikit masyarakat yang menyukai kombinasi kopi dan jahe ini, selain karena rasanya yang unik namun juga karena manfaat yang diberikan oleh jahe. Setelah mengkonsumsi jahe dalam kopi, tubuh akan terasa hangat.

Menikmati Kehangatan Kombinasi Kopi Jahe

Nikmati Kopi Jahe Dan Merasakan Manfaatnya

                Banyak yang menganggap jahe berasal dari India, namun tidak sedikit pula yang menganggapnya dari China. Dari negara manapun, jahe adalah tanaman yang cukup populer di Eropa dan menjadi bagian dari komoditi ekspor. Di Indonesia sendiri tidak sulit menemukan jahe karena sudah menjadi bahan bumbu masakan pada umumnya.

                Selain dibuat sebagai bumbu masakan, jahe juga biasanya dibuat sebagai bahan dasar minuman. Jadi sebelum dibuat minuman, jahe akan dibakar terlebih dahulu agar aromanya dapat keluar lebih menyengat. Setelah itu jahe ditumbuk dan dicampur dengan gula aren agar rasanya menjadi khas, setelah itu diseduh dengan air panas.

                Untuk merasakan manfaat jahe, sekarang ada berbagai macam varian minuman jahe dan salah satunya adalah kombinasi jahe dengan kopi. Ketika mata sudah sangat lelah, kopi mampu menghilangkan rasa kantuk tersebut karena adanya kafein. Dengan ditambah jahe, tumbuh menjadi lebih hangat dan tidak terasa capek lagi. Namun karena jahe memberikan rasa hangat, minuman kopi jahe lebih sering dikonsumsi saat malam hari, ketika cuaca dingin.

                Masyarakat pedesaan biasanya tidak menggunakan kopi instan jahe untuk menikmati jenis kopi ini, namun dengan menggoreng biji kopi dan jahe yang sudah diiris kecil-kecil tanpa minyak menggunakan kuali tanah. Tujuannya adalah agar kedua bahan ini dapat bercampur dengan baik, sehingga ketika digiling nanti rasanya lebih enak.

Manfaat Kopi Dan Jahe Bagi Kesehatan

                Kopi dan jahe, masing-masing bahan memiliki manfaatnya, apalagi ketika digabung menjadi satu dalam kopi jahe, maka manfaatnya tentu akan bertambah. Ketika meminum kopi, tubuh tidak hanya mendapat manfaat dari kafein yang menyebabkan tidak mengantuk lagi, namun tubuh bisa mendapatkan manfaat lainnya. Misalnya saja kopi dapat mencegah penyakit saraf, menurunkan potensi terkena kanker payudara, melindungi gigi, mencegah terbentuknya batu empedu, mencegah terjadinya sirosis hati/ liver, mencegah diabetes (apabila mengkonsumsi kopi tanpa gula, bukan kopi yang manis), dan lain sebagainya. Anda bisa mendapatkan semua manfaat tersebut apabila rutin mengkonsumsi kopi.

                Jahe sendiri sebagai salah satu rempah asli Indonesia juga memiliki banyak manfaat. Tidak hanya daun jahe yang dimanfaatkan, namun juga akarnya yang digunakan sebagai kombinasi jahe dan kopi. Seperti kopi, jahe juga memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh, berikut adalah penjelasannya.

  • Melancarkan peredaran darah

Senyawa gingerol dalam jahe merupakan antikoagulan yang dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah. Dengan fungsi tersebut, maka jahe dapat melancarkan peredaran darah sehingga dapat mencegah terjadinya stroke dan serangan jantung.

  • Mengurangi migrain

Dalam sebuah penelitian, dikatakan bahwa jahe mampu menghentikan prostaglandin yang menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya sakit kepala. Karena itulah konsumsi jahe dapat membantu mengurangi sakit kepala sebelah atau migrain.

  • Menurunkan demam dan batuk

Senyawa gingerol tidak hanya untuk melancarkan peredaran darah, namun juga bermanfaat untuk membantu menurunkan demam dan batuk. Sehingga apabila mengkonsumsi seduhan jahe ketika muncul gejala demam dan batuk, gejala tersebut dapat ditekan.

  • Membantu mengobati mabuk perjalanan

Bagi anda yang sering mengalami mabuk perjalanan, lebih baik selalu menyediakan seduhan jahe, karena rempah yang satu ini dipercaya dapat membantu mengurangi rasa mual akibat mabuk perjalanan.

  • Mengurangi rasa mual akibat morning sickness

Rasa mual, keinginan untuk muntah terutama di pagi hari merupakan gejala yang sering muncul ketika sedang hamil, gejala tersebut dinamakan morning sickness. Disebutkan diatas bahwa jahe mampu membantu mengurangi rasa mual ketika mabuk perjalanan, jahe juga mampu membantu mengurangi rasa mual akibat morning sickness.