Waktu Yang Tepat Menikmati Berbagai Varian Kopi Cappuccino

Waktu Yang Tepat Menikmati Berbagai Varian Kopi Cappuccino

                Selain kopi latte, kopi cappuccino adalah varian kopi lainnya yang juga cukup populer terutama di kedai-kedai kopi. Kopi jenis ini menjadi pilihan alternatif bagi penikmat kopi yang tidak suka dengan rasa kopi yang pahit. Cappuccino menyamarkan rasa pahit kopi dengan campuran susu serta foamed milk dengan perbandingan 1/3 espresso, 1/3 foamed milk dan 1/3 susu. Dengan kombinasi tersebut membuat cappuccino menjadi tidak terlalu pahit dan terbilang manis.

Berbagai Varian Kopi Cappucino

Waktu Yang Tepat Menikmati Berbagai Varian Kopi Cappuccino

                Walaupun terlihat sebagai jenis kopi yang modern, sebenarnya cappuccino sendiri masih dan terus mengalami perkembangan. Hal ini terlihat dengan adanya 5 jenis varian cappuccino yang disediakan di kedai-kedai kopi. Penasaran apa saja varian cappuccino?

  • Traditional Cappuccino

Kombinasi standar dari cappuccino adalah seperti yang disebutkan diatas, namun ternyata rasanya masih cenderung pahit daripada manis. Oleh karena itu ketika memesan secangkir cappuccino biasanya tetap diberikan beberapa kemasan kecil sebagai gula tambahan. Nah, cara pembuatan cappuccino tradisional adalah busa susu akan diberikan secara manual menggunakan sendok diatas espresso dan susu. Akan tetapi bisa juga menggunakan cara free pouring yaitu ketika busa susu dituang langsung ke dalam cangkir berisi espresso. Hal tersebut akan membuat busa susu menyebar secara merata dan membuat rasanya menjadi lebih enak. Busa susu terakhir yang dituang pun bisa dibuat menjadi art.

  • Cappuccino Chiaro

Dikenal juga dengan sebutan white cappuccino atau wet cappuccino. Yang membedakan antara kopi cappuccino biasa dengan cappuccino chiaro adalah komposisi dari susu dan busa susu yang digunakan. Dalam cappuccino chiaro, susu panas yang digunakan lebih banyak daripada busa susunya karenanya rasa susu dalam kopi ini lebih kuat. Untuk penikmat kopi yang ingin mengkonsumsi kopi yang lebih creamy maka bisa memesan cappuccino chiaro.

  • Cappuccino Scuro

Kebalikan dari cappuccino chiaro, cappuccino yang satu ini dikenal sebagai dry cappuccino atau cappuccino scuro. Artinya komposisi susu yang diberikan lebih sedikit dan lebih banyak busa susunya. Jika anda memesan cappuccino jenis ini, tandanya anda lebih senang menikmati cappuccino dengan rasa pahit kopi yang khas.

  • Cappuccino Freddo

Bila tiga jenis cappuccino diatas dihidangkan dalam keadaan panas, maka cappuccino freddo kebalikannya karena disajikan dalam keadaan yang dingin walaupun tidak menggunakan es batu. Untuk mendapatkan sensasi dinginnya, cappuccino freddo menggunakan susu dan busa susu yang dingin. Oleh karenanya rasa pahit yang anda rasakan sedikit berbeda dengan jenis cappuccino lainnya. Cappuccino yang berasal dari Italia ini tidak terkenal di negaranya sendiri, namun lebih terkenal di Yunani.

Waktu Terbaik Menikmati Cappuccino

                Seperti yang dijelaskan diatas, walaupun kopi cappuccino adalah varian kopi yang sudah ditambah susu, namun rasanya masih cenderung pahit. Karenanya kedai kopi pasti menawarkan makanan sampingan agar rasa pahitnya bisa tersamarkan. Makanan sampingan tersebut bisa berupa makanan manis, asin maupun gurih.

                Nah, makanan pendamping terbaik cappuccino sudah ada, lalu kapan waktu terbaik untuk menikmati secangkir cappuccino hangat maupun dingin?

  • 2 Jam Setelah Bangun Tidur

Bagi sebagian orang, morning coffee adalah kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan hingga ada ungkapan “kalau belum minum kopi, ada yang kurang”. Karena itulah banyak yang menganggap waktu terbaik untuk menikmati secangkir kopi, termasuk cappuccino adalah ketika bangun tidur walaupun secara kesehatan hal tersebut tidak dianjurkan, apalagi ketika diminum dalam kondisi perut kosong. Oleh karena itulah setidaknya untuk menikmati kopi, minumlah 2 jam setelah bangun tidur dan lebih baik mengkonsumsi cappuccino chiaro yang tingkat keasamannya lebih rendah, dan tidak pahit.

  • 2 Jam Setelah Makan Siang

Waktu terbaik selanjutnya adalah setelah makan siang, karena setelah makan siang biasanya akan mengantuk dan sulit fokus kembali untuk bekerja. Dengan bantuan asupan kopi, anda bisa merasa lebih terjaga dan bisa kembali fokus bekerja. Untuk membangunkan diri anda, cobalah menikmati segelas cappuccino freddo yang dingin, tidak hanya kafeinnya saja yang membangunkan anda, namun dinginnya cappuccino freddo akan menyegarkan mata. Tapi ingat, sebaiknya anda tidak mengkonsumsi kopi sesaat setelah makan, namun berilah jeda agar kadar gula dalam tubuh tidak melonjak seketika. Hal tersebut hanya akan memberikan dampak buruk terhadap tubuh, jika terlalu sering dilakukan maka bisa memicu penyakit diabetes.

  • 6 Jam Sebelum Tidur

Seperti yang anda ketahui, kandungan utama dari secangkir kopi adalah kafein, senyawa yang mampu membuat anda terjaga semalaman bila anda sensitif terhadap kafein. Tidak hanya itu saja, kafein juga mampu membakar lemak dalam darah sehingga tubuh anda kembali bersemangat walaupun otak sudah merasa lelah. Jika anda tidak berencana untuk bekerja hingga malam ataupun melakukan kegiatan lainnya, sebaiknya hindari mengkonsumsi kopi, termasuk cappuccino karena hanya akan membuat tubuh anda kelelahan akibat tidak cukup beristirahat.